Ice Cream Pot


Weekend itu hari dimana agak bisa leyeh-leyeh sekejap menikmati acara kuliner di TV. Jadi, salah satu tempat yang didatengi oleh hostnya adalah salah satu Cafe yang ada di Jakarta. Menu yang lagi hits adalah es krim cacing. Eaaaaa... ternyata, es krim yang disajikan di dalam sebuah pot, tertutup oleh remah-remah biskuit oreo or brownies yang di atasnya ada cacing dari jeli. Unik yah, sensasi makan es krim yang beda dari biasanya, wadahnya pot gitu lho!.

Truuus... 2 hari yang lalu, salah satu temen saya pasang DP di BB, persiiiiis banget kaya' liputan es krim cacing yang saya tonton di TV. Saya tanya, ternyata itu es krim ada lho di Pekanbaru. Uwooouwooo... Besoknya, ngajak abi ke sono. Nai malah yang paling heboh, secara nih anak doyan banget sama es krim *siapa coba yang nggak doyan es krim yak


Jadi, tempatnya di jalan Teuku Umar lho temans yang di Pekanbaru. Di ayam bakar Taliwang, yang lokasinya nempel dengan salon khusus cowok Maxx. Ampuuuuun... pas saya dateng, udah sore banget sih, ruaaameeee. Kali aja pada penasaran sama es krimnya.

Nah, pas lihat es krimnya yang... ehem... menurut saya kicik (kecil), saya pesen 1 aja deh buat Nai, ntar coba icip dikit ajah. Ngirit banget yah hahaha... secara harga perporsinya 20 ribu lho. Trus si Abi, yang ngakunya belom makan siang pas di kantor, akhirnya pesen ayam penyet taliwang, yang harganya selisih 5 ribu aja dari tu es krim. Rasanya, enaaak sih, sambelnya cucok sama selera saya :D


Rasa es krimnya gimana?, yah rasa es krim lah :D
Nai pesen yang warna ungu, yang artinya rasa taro alias talas, enak sih. Tapiiii yah itu, porsinya sedikiiiit daaan si Ummi ngerasa bisa juga bikin sendiri di rumah hahaha... kapan-kapan kita coba bikin yah, Nai. ^_^


Donat Madu Pekanbaru



Beberapa waktu yang lalu, sering banget denger donat madu. Penasaran sih yah, donat dikasih madu gitu?. Akhirnya, nyobain juga, setelah nitip sama adek yang pulang kuliah, nggak jauh dari penjualnya. Oalaaaah... ternyata donat biasa sih, dari Bandung. Enak sih, donatnya empuuuk banget, toppingnya cuanteeek, daaan semanis madu.


Hilang deh rasa penasaran, udah gitu ajah. ^_^

Bebi-Good, MPASI Saat Emergency


Sebagai seorang Ibu, kita tentunya ingin memberikan yang terbaik yah buat buah hati. Saat baby sudah memasuki masa MPASI, tentunya yang terbaik adalah MPASI buatan Ibu yang diracik dengan kebersihan yang terjaga, nutrisi yang lengkap dan yang paling penting penuh cinta. Ribet? nggak juga kok, udah ada teknologi yang mendukung, salah satunya yang namanya slow cooker. Jadi, sebenarnya nggak ada alasan sih buat para Ibu untuk nggak menyajikan MPASI homemade bukan menggantinya dengan yang instan.


Tapiiii, terkadang ada kondisi-kondisi tertentu yang menjadi kendala dalam menyiapkan MPASI yang homemade, yah sebut sajalah suatu keadaan yang emergency. Nah, Alhamdulillah nih buat para Ibu yang ada di Pekanbaru, yang butuh MPASI homemade non instan, ada Bebi-Good. Jadi, Bebi-Good ini menjual MPASI untuk usia <12m yang bebas gula dan garam. Trus ada sop, puding, susu kedelai, sari kacang ijo, dan nuget non MSG.


O yah, mereka juga menyediakan layanan antar lho. Kerennya nih yah, menunya tiap hari beda. Membantu banget yah. ^_^



Fenomena Batu Akik

 Berbagai jenis batu akik

Temans... udah punya batu akik belom? *pertanyaan macam apa inih :D
Secara, sekarangkan lagi booming banget inih batu akik. Di Pekanbaru, guampang banget nemu penjual batu akik. Di pinggir jalan, yang bahkan jarak antar penjualnya cuma 100 meter. Belum lagi nih yah memang ada pasar khusus batu akik.

Penjual batu akik

Nah, sekarang di Pekanbaru gi sering banget ada kontes batu akik. Lumayan juga buat cuci mata. Soalnya saya awam banget dengan batu akik. Tahunya tuh cuma batu akik sering dipake sama aki-aki (kakek-kakek) or pelawak senior kita Tessi Kabul. Si abi?, nggak pake gituan, pake cincin aja nggak *jangan tanya cincin kawinnya mana :D

Batu yang masih berupa bongkahan kecil

Jadi, tahun 2013 lalu, adik saya ada yang bekerja di Kalimantan. Ngasih oleh-oleh pas pulkam ke Pekanbaru batu-batuan gitu. Waktu itu ada kecubung dan juga zamrud. Batunya masih utuh sampe sekarang, belum dibuatkan cincin or jadi liontin kalung. Sekarang? makin nggak pengen hehehe... saking buanyaaaknya orang yang demam batu akik inih.

Trus, saya nonton acara apa gitu di TV. Ada ulasan tentang batu-batu akik gitu, dari yang pasaran jenisnya, sampe yang langka dan harganya WOW... WOW...
Saya sempet catet nih urutannya:
  • Jadeite
  • Berlian merah
  • Serendibite
Tapi, di Indonesia juga buaaanyaaak banget jenis batu-batuannya dan cakep-cakep. Ada yang namanya kecubung, bacan, sunkis, jamrud, rubi, obsidian, dll. Inih beberapa foto yang saya dapet pas ada kontes batu akik.







Pertanyaannya, boleh nggak sih pake batu akik ini?. Boleh-boleh aja, kalau buat para kaum laki-laki, ikatnya jangan yang berbahan emas yah. Trus, kalau batu akiknya ada motif lafaz Allah, jangan dibawa ke kamar mandi lho. Yang paling penting lagi, batu ini buat perhiasan aja, jangan sampai dijadikan jimat, ntar jatuhnya jadi syirik. Sekalipun untuk hiasan, sebaiknya jangan berlebihan yah, kan yang berlebihan itu tak baik, apalagi kalau muncul rasa riyanya ^_^
Wallahualam...

Puding Nangka Ala Ummi

Emang enak yah punya kakak ipar buanyaak :D Setelah beberapa hari yang lalu dapet kundur dan saya buat jadi manisan, kali ini dapet nangka. Setengah bagian dari nangka yang ukurannya gede banget. Udah dimakan gitu aja, eh masih ada sisanya. Akhirnya saya buat puding aja. Enak, kenyal, seger karna disantap dingin-dingin.

Berikut bahan dan cara pembuatannya yah:

Bahan lapisan pertama:
  • 1 bungkus nutrijell plan
  • 5 buah nangka (blender dengan menggunakan sedikit air)
  • 100gr gula
  • 700 ml air
Bahan lapisan kedua:
  • 1 bungkusnutrijel plan
  • 5 buah nangka (blender dengan menggunakan sedikit air)
  • 1/4 kg santan
  • 100gr gula
  • 300 ml air
  • 40 gr gula merah
Cara membuatnya:
  • Masak semua bahan untuk lapisan pertama
  • Setelah matang, masukkan ke dalam loyang
  • Masak semua bahan untuk lapisan kedua
  • Setelah matang, masukkan ke dalam loyang yang telah diisi lapisan pertama, setelah lapisan pertama agak mengeras
  • Setelah mengeras, masukkan ke dalam kulkas

Salon Ummi, Salon Khusus Muslimah di Pekanbaru

Salon Ummi

Perempuan mana coba yang nggak pengen tampil cantik, apalagi yang berstatus sebagai seorang istri. Tentunya ingin terlihat cantik paripurna di hadapan suami dong yah. Baik itu kecantikan luar maupun kecantikan dalam (inner beauty). Bagi saya, kecantikan luar dan inner beauty memiliki keterkaitan erat yang salah satunya nggak bisa diabaikan gitu aja. Sebagaimana banyak orang yang tertarik dengan kebaikan budi dan kecerdasan, demikian juga ketertarikan terhadap penampilan fisik.

Cumaaaa... yang harus digaris bawahi adalah bahwa cantik itu relatif, karena setiap orang punya kriteria tersendiri untuk menilai kecantikan seseorang. Eh tapiiii... yang harus kita ingat adalah bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Jadi, bagi kita yang berjenis kelamin perempuan, sudah pasti cantik (kalo ganteng mah laki-laki, deal!). Nah, salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Allah atas karunia fisik adalah dengan menjaga dan merawatnya.

So... yuuuuuk nyalon :D 

Ummi punya salon? hehehe... kagaaak, inih bukan salon saya, tapi salon temen saya yang seorang pengusaha sukses. Iyah, sukses dengan usaha kuliner dan butiknya, kini dia membuka usaha salon dan SPA. Ummi Salon dan SPA namanya. Kebetulan panggilannya Ummi juga, Ummi Fany. Salon khusus muslimah ini, baru dibuka di awal bulan Februari lalu. Sebagai promosi, bulan lalu ada diskon lho 20%. Asyiiiik banget deh tempat dan pelayanannya.

 Saya bersama Ummi Fany dan karyawan salon
(Mbak Nai nggak mau ketinggalan :D)

Mahal nggak?. Tenaaaaang ladies, terjangkau banget kok. Bahkan buat pelajar dan mahasiswa ada harga khusus lagi.


Nah, di bulan Maret ini, masih ada promo lho. Promonya, dengan harga 185rb aja, kita bisa facial, masker, dan peeling GALFANIC. Eiiiits... nggak itu aja, tapi juga dapet gratis creambath Inaura, minuman es lidah buaya, dan cireng crispy. Kece badai nggak tuh. Minuman es lidah buaya dan cirengnya yummmy... banget lho, saya udah nyobain!.

Nah, buat yang di Pekanbaru, buruuuaan deh ke salon inih. Di sini, nggak cuma memanjakan penampilan fisik aja (butik dan salon), tapi juga perut hehehe... kan lokasinya satu atap dengan Bebek Goreng H. Slamet Solo cabang Pekanbaru yang di jalan Nangka yak. Ituh, bebek goreng yang cita rasanya legendaris banget!. Jadi, rame-rame bareng keluarga juga asyik buat santai weekend di sini. ^_^


Manisan Kundur Ala Ummi


Dapet kundur dari kakak ipar. seumur-umur, baru pertama kali lihat buah kundur. Dulu tahunya cuma ada minuman kaleng rasa kundur aja. Biasanya dihidangkan pas lebaran. Bingung juga mau diapain ini buah, gede banget lagi. Mau dijus, takut aneh rasanya. Kakak ipar bilang, digulai juga enak. Toh rasa kundur ini nggak beda jauh dengan rasa labu siam. Kan sama-sama dari jenis labu-labuan.


Nggak sengaja, saya belanja di supermarket. Nemu bungkusan manisan kundur. Aha! kenapa nggak saya coba buat sendiri aja yah. Akhirnya, kundur saya eksekusi juga jadi manisan. Ternyata enaaaaaak bangeeet. Saya sampe kalap makannya. Nggak berasa udah habis separuh aja sendirian. Dingin, manis, seger, pas banget dicuca yang gi panas-panasnya di Pekanbaru.


Oke deh, inih resepnya yah:

Bahan:
  • Kundur 2kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • kayu manis 2 batang
  • Kapur sirih 3 sdm
  • 1000lt
Cara membuatnya:
  • Kundur dibuang kulit dan bijinya, potong-potong kecil memanjang
  • Cuci bersih
  • Rendam dengan kapur sirih semalaman
  • Cuci bersih kundur dari bekas rendaman kapur sirih sampai bersih
  • Masak gula dan air serta kayu manis
  • Masukkan kundur, masak hingga airnya habis
  • Setelah dingin, simpan di dalam lemari es

In Memoriam Tenas Effendy



Pertama kali bertemu dengan Bapak Tenas Effendy tahun 2012. Saat itu, saya ke sana bersama 5 orang teman lainnya, termasuk keponakan beliau, Kak Tengku Syawila Fitri yang memiliki sapaan akrab ii. Kami berbincang banyak tentang kepenulisan. Bapak Tenas Effendy terlihat sangat bangga bahwa ada penulis di Riau dan berharap kami juga mengangkat Bumi Melayu ini lewat tulisan.

 Di teras rumah Bapak Tenas Effendy

 Di halaman rumah Bapak Tenas Effendy

Di tangga sebelum masuk
ke rumah Bapak Tenas Effendy

Beliau telah menulis lebih dari 100 buah buku, yang diterbitkan oleh penerbit dalam dan luar negeri. Alhamdulillah... saya mendapatkan 1 bukunya dari Kak ii.


Kini, salah satu putra terbaik Riau itu telah meninggal dunia pada tanggal 28 Februari 2015 jam 00.25 wib di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Pekanbaru, diusianya yang ke 79 tahun. Bapak H. Tenas Effendy adalah seorang budayawan dan sastrawan senior Riau. Semoga saja ada generasi setelah beliau yang bisa tetap melestarikan kebudayaan Riau, tak hanya fisik, tapi juga kekayaan bahasa dan kearifan lokal lainnya. Ya, semoga saja...

Resep Nasi Tim Daging Cincang (Homemade MPASI )


Putri kedua saya, Khai, saat ini berusia 8m+. Makan besarnya 3x dan camilan 1 kali. Untuk camilan, biasanya saya memberikan Khai buah. Jadi, kali ini saya share menu kesukaan Khai aja yah, yang biasa Khai makan, yaitu nasi tim daging cincang. Makannya bakal lahaaaap banget, gurih dan sedap, walaupun no gula dan garam, karena usia adek Khai < 12m.

Teksturnya tidak terlalu lembek, pas banget buat Khai yang sedang belajar mengunyah. Apalagi giginya udah ada 2. Bunda boleh mencoba resep ini untuk usia berapapun, tinggal disesuaikan saja teksturnya dengan keterampilan mengunyah bayi. Cara membuatnya juga gampang, nggak percaya? sila simak resep dan cara pembuatannya yah ^_^

Bahan:
  1. 40 gr daging sapi (potong kecil-kecil) yang telah direbus lama
  2. 20 gr wortel (parut)
  3. 20 gr labu siam (parut)
  4. 80 gr beras (masak separuh matang)
  5. 1 siung bawang putih (diiris-iris)
  6. 1 siung bawang merah (diiris-iris)
  7. 1 sdm minyak zaitun
  8. 200 ml air kaldu (rebusan daging sapi)
  9. 1 batang kecil daun bawang (dipotong-potong)
  10. 1 batang kecil seledri (dipotong-potong)
  11. 40gr keju (diparut)

Cara Membuatnya:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak zaitun. Setelah harum, masukkan air kaldu dan juga daging sapi.
  2. Setelah mendidih, masukkan wortel dan labu siam. Tak perlu terlalu lama di masak.
  3. Terakhir, masukkan daun bawang dan seledri. Matikan api.

Nah, selanjutnya kita persiapkan untuk mengukus bersama nasinya
  1. Tempatkan nasi di dalam wadah untuk mengukus, cukup separuh saja dari tinggi wadah.
  2. Masukkan sop daging cincang tadi, beri kuah sampai wadahnya penuh
  3. Kukus selama 30 menit atau sampai matang.

Setelah matang, keluarkan nasi tim daging cincang dari wadah mengukus, beri parutan keju. Siaaaap buat disantap. Resep ini untuk 2 porsi, jadi pas banget untuk makan siang dan malam si kecil :)


Manfaat:
  • Beras mengandung banyak gizi, diantaranya adalah karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, seng, selenium, dan asam lemak omega 6.
  • Daging sapi merupakan sumber zat besi dan asam amino penting yang dibutuhkan untuk membentuk saraf-saraf penyampai pesan di otak.
  • Labu siam tinggi akan kandungan fosfor dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat lainnya, mengkonsumsi sayur ini dapat membantu menurunkan demam pada anak.
  • Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral. kaya akan serat sehingga dapat mengatasi sembelit, selain itu dapat membantu pencernaan, anti diare, dan anti cacingan.
Tips:
  • Wortel dan Labu siam diparut agar lebih berbaur dengan nasi dan gampang untuk diberikan kepada anak
  • Biasakan untuk menyiapkan stok kaldu di frezeer
  • Agar nasi tim lebih nikmat, gunakan beras, masukkan setelah menumis bawang dan daging, diaroni istilahnya. Memang ngukusnya jadi lebih lama sih, tapi sesuailah dengan rasanya.
  • Gunakan keju yang rendah kadar garamnya, misalnya prohiz
 Naaaah... ini adek Khai yang doyan banget sama resep inih :)









Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, Jatuh Cinta Pada Pertemuan Pertama

Melek internet, menulis buku, lalu memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Nah, perkara menjadi seorang blogger inih butuh ilmu dan butuh suntikan motivasi dosis tinggi. Jadi, hal paling simple buat dilakukan adalah gabung di sebuah komunitas!. Ya iyalah... selain bisa dapet ilmu, kenalan, tentunya juga motivasi untuk menulis. Biar makin semangat dan konsisten gitu, nggak angin-anginan :D

Biar blog nggak penuh dengan sarang laba-laba karna dianggurin.  Padahal, menulis di blog itu selain bisa sebagai katarsis, bisa bertaburan pahala saat postingan kita memberikan manfaat bagi orang lain. Belum lagi kalo ngeblog diseriusin banget, bisa jadi mesin penghasil duit. Trus, buat para penulis buku, blog juga bisa menjadi barnding or media buat promosi karya. Widiiiiih... buanyaaak banget yak manfaat dari ngeblog!.

Dulu nih yah, awal punya blog, saya pakai yang gratisan dulu, blogspot, tahun 2011. Pembuatannya dibantu oleh adik saya. Belajar ini itu, sampai akhirnya otodidak, biar nggak ngerepotin mulu. Trus, adek saya bilang, ada komunitas blogger di Pekanbaru, namanya blogger bertuah. Tapiiiii... waktu itu belum tertarik sih buat nyari tahu. Sampai akhirnya pas tahun 2013, saya kenal dengan Mbak Elsenovi, Mbak Neyna Naya, dan Mbak Wina Azam.

Tahun 2013, saya pernah ikut acara Kopdar Akbar dan gathering komunitas Blogger Bertuah yang diadakan di Alam Mayang. Waktu itu yang mengundang Mbak Neyna Naya. Well, saat itulah saya memutuskan untuk bergabung di komunitas ini ^_^


 Acara Gathering Blogger Bertuah
di Alam Mayang

 Bersama Mbak Neyna Naya dan Mbak Mayya

Eiiits... ada lagi nih acara yang saya hadiri, yaitu peresmian Rumah Blogger Pekanbaru, yang diadakan pada bulan puasa tahun 2013 lalu. Jadi, sekalian buka bersama gitu. Saat itu, saya hadir bersama dengan Mbak Lusi.


 Peresmian sekaligus buka bersama

 Saya bersama Mbak Wina dan Mbak Lusi

Pertama kalinya ke sekre Blogger Bertuah

Pas hadir di acara ini, saya jadi makin kenal dengan Blogger Bertuah dan kontribusinya yang ternyata buaaaaaaanyaaaak banget. Seneng deh bisa bergabung di sini. Yaaaah... walaupun nggak selalu bisa ikutan acara or kumpul-kumpulnya, agak berasa tua hihihi... cuma berasa yah... catet! :D
Padahal status saya waktu itu mahmud abbas (mamah muda anak baru satu) Wkwkwk...

Terakhir kali, saya pernah sharing ke penulisan bersama Mbak Wina, Cica, dan 2 orang lainnya. Niatnya sih bisa tiap minggu. Tapi karena saat itu saya sedang hamil, dan kondisi sering nggak fit, jadi nggak berlanjut. Next, moga bisa sharing lagi yaaaah


Sekarang, Blogger Bertuah Pekanbaru lagi ultah nih, yang ke 6 tahun. Waaaaah.... sukses yah buat komunitas Blogger Bertuah yang kereeeeen inih. Semoga ke depannya semakin baik dalam segala hal, semakin buaaaanyaaak kontribusinya untuk Pekanbaru bahkan Riau, sesuai dengan visi misi komunitas ini.

Artikel  ini diikutsertakan pada sayembara menulis : Ulangtahun Blogger Bertuah ke-6.

 11002497_10204449085201029_533781027437797341_n

[Bazaar Online] Dari Kerudung, Asesoris, Herbal, Sampai Jamur Tiram Organik

Berawal dari pertanyaan banyak orang, gini nih:
Mi, kerudungnya cakep, beli dimana?
Wiiiih.... bros kerudungnya unyuuuu banget, beli dimana?
Duh, beberapa hari ini badanku kurang fit deh, enaknya minum suplemen apa yah, Mi?
Ummi... nyari jamur tiram dimana yah? pernah makan, rasanya enaaaaak banget, mirip rasa daging ayam.
Aha! ini peluang, iyak peluang. Selain peluang untuk beramal, bantuin temen kasih info or nyariin, kenapa nggak sekalian aja saya jadiin bisnis. Toh, nggak terlalu rempong juga, saya tetap bisa menjalankannya dari rumah. Nah, di jaman canggih kaya' sekarang ini, buaaaanyaaak banget media promosi gratis yang bisa digunakan. Mulai dari FB, Twitter, Instagram, BBM, WA, blog gratisan, dll.

Akhirnyaaaaaaa, jadi deh 



Untuk Nailah Herbal & Collection, saya menjual beraneka macam produk kesehatan herbal dan juga kerudung beserta asesorisnya. Berikut beberapa gambar produk yang best seller ^_^

Herbal


Persedian produk di rumah

Herbal yang saya jual adalah:


Ada banyak pilihan merek dan ukuran kemasan. Misalnya untuk madu, ada madu asli biasa, ada madu putih, ada madu khusus untuk anak-anak, ada madu khusus untuk wanita, madu khusus untuk pria, madu khusus untuk batuk dan flu, madu khusus untuk penderita diabetes, dll. Demikian juga dengan minyak zaitun, ada yang berbentuk cair, ada yang dalam kapsul, ada yang berbentuk jelly, dan ada yang berbentuk krim.

Ukuran kemasannya mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Produk yang dijual adalah merek-merek ternama yang sudah biasa dikonsumsi oleh orang banyak dan Insya Allah berkhasiat.

Kerudung





Kerudung-kerudung syar'i di atas berbahan sifon ceruti, bahannya halus, lembut, tidak panas, dan yang paling penting tidak transparan, karena kerudung ini terdiri dari 2 lapis. Ya, 2 lapis yang timbal balik alias 2 in 1. Jadi, 1 kerudung terdiri dari 2 warna. Lebih hemaaaaat kaaaan, kalau punya 5 kerudung ini sama dengan 10 kerudung biasa dengan 10 warna yang berbeda. Nggak makan tempat di lemari. Truuus nih yah, kerudung ini cocok dipakai untuk acara apa aja, baik santai, semi formal or formal. Kerennya lagi, kerudung ini simple, karena pakainya tinggal sorong, semi instan gitu, trus sematkan bros deh.

Konsumen bisa memesan warnanya, pilihan modelnya dan motif (bermotif atau polos), payetnya, dan juga jenis petnya. Ukurannya mulai dari S, M, L, dan XL, sesuai dengan usia maupun tinggi badan.

Asesoris










Nah, bros-bros ini jodohnya kerudung. Aneka model dan bahan bros, mulai dari flanel, sifon, katun, dan tile. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera ajah ^_^

Jamur


Nah, terakhir untuk produk jamur tiram organik. Jamur tiram putih dikenal juga dengan nama jamur shimeji (Jepang), abalon mushroom atau oyster mushroom (Eropa atau Amerika), atau Supa Liat (Jawa Barat). Jamur ini memiliki tudung yang berbentuk lebar, pipih, setengah lingkaran, menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah yang agak cekung dan berwarna putih hingga krem.

Saya masih membatasi penjualan pada area Pekanbaru saja. Kendalanya adalah dari segi pengemasan dan ketahanan jamur. Jamur-jamur ini harus fresh. Jamur bisa dipesan mulai dari berat 1 ons hingga > 1 kg.

Wokeh, ada yang tertarik? sile kontak saya via inih buat tanya-tanya:

FB: Oci YM
Twitter: @OciYM

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu bersama Ladaka Handicraft dan Layana Shop