Resep Nasi Tim Daging Cincang (Homemade MPASI )


Putri kedua saya, Khai, saat ini berusia 8m+. Makan besarnya 3x dan camilan 1 kali. Untuk camilan, biasanya saya memberikan Khai buah. Jadi, kali ini saya share menu kesukaan Khai aja yah, yang biasa Khai makan, yaitu nasi tim daging cincang. Makannya bakal lahaaaap banget, gurih dan sedap, walaupun no gula dan garam, karena usia adek Khai < 12m.

Teksturnya tidak terlalu lembek, pas banget buat Khai yang sedang belajar mengunyah. Apalagi giginya udah ada 2. Bunda boleh mencoba resep ini untuk usia berapapun, tinggal disesuaikan saja teksturnya dengan keterampilan mengunyah bayi. Cara membuatnya juga gampang, nggak percaya? sila simak resep dan cara pembuatannya yah ^_^

Bahan:
  1. 40 gr daging sapi (potong kecil-kecil) yang telah direbus lama
  2. 20 gr wortel (parut)
  3. 20 gr labu siam (parut)
  4. 80 gr beras (masak separuh matang)
  5. 1 siung bawang putih (diiris-iris)
  6. 1 siung bawang merah (diiris-iris)
  7. 1 sdm minyak zaitun
  8. 200 ml air kaldu (rebusan daging sapi)
  9. 1 batang kecil daun bawang (dipotong-potong)
  10. 1 batang kecil seledri (dipotong-potong)
  11. 40gr keju (diparut)

Cara Membuatnya:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak zaitun. Setelah harum, masukkan air kaldu dan juga daging sapi.
  2. Setelah mendidih, masukkan wortel dan labu siam. Tak perlu terlalu lama di masak.
  3. Terakhir, masukkan daun bawang dan seledri. Matikan api.

Nah, selanjutnya kita persiapkan untuk mengukus bersama nasinya
  1. Tempatkan nasi di dalam wadah untuk mengukus, cukup separuh saja dari tinggi wadah.
  2. Masukkan sop daging cincang tadi, beri kuah sampai wadahnya penuh
  3. Kukus selama 30 menit atau sampai matang.

Setelah matang, keluarkan nasi tim daging cincang dari wadah mengukus, beri parutan keju. Siaaaap buat disantap. Resep ini untuk 2 porsi, jadi pas banget untuk makan siang dan malam si kecil :)


Manfaat:
  • Beras mengandung banyak gizi, diantaranya adalah karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, seng, selenium, dan asam lemak omega 6.
  • Daging sapi merupakan sumber zat besi dan asam amino penting yang dibutuhkan untuk membentuk saraf-saraf penyampai pesan di otak.
  • Labu siam tinggi akan kandungan fosfor dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat lainnya, mengkonsumsi sayur ini dapat membantu menurunkan demam pada anak.
  • Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral. kaya akan serat sehingga dapat mengatasi sembelit, selain itu dapat membantu pencernaan, anti diare, dan anti cacingan.
Tips:
  • Wortel dan Labu siam diparut agar lebih berbaur dengan nasi dan gampang untuk diberikan kepada anak
  • Biasakan untuk menyiapkan stok kaldu di frezeer
  • Agar nasi tim lebih nikmat, gunakan beras, masukkan setelah menumis bawang dan daging, diaroni istilahnya. Memang ngukusnya jadi lebih lama sih, tapi sesuailah dengan rasanya.
  • Gunakan keju yang rendah kadar garamnya, misalnya prohiz
 Naaaah... ini adek Khai yang doyan banget sama resep inih :)









Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, Jatuh Cinta Pada Pertemuan Pertama

Melek internet, menulis buku, lalu memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Nah, perkara menjadi seorang blogger inih butuh ilmu dan butuh suntikan motivasi dosis tinggi. Jadi, hal paling simple buat dilakukan adalah gabung di sebuah komunitas!. Ya iyalah... selain bisa dapet ilmu, kenalan, tentunya juga motivasi untuk menulis. Biar makin semangat dan konsisten gitu, nggak angin-anginan :D

Biar blog nggak penuh dengan sarang laba-laba karna dianggurin.  Padahal, menulis di blog itu selain bisa sebagai katarsis, bisa bertaburan pahala saat postingan kita memberikan manfaat bagi orang lain. Belum lagi kalo ngeblog diseriusin banget, bisa jadi mesin penghasil duit. Trus, buat para penulis buku, blog juga bisa menjadi barnding or media buat promosi karya. Widiiiiih... buanyaaak banget yak manfaat dari ngeblog!.

Dulu nih yah, awal punya blog, saya pakai yang gratisan dulu, blogspot, tahun 2011. Pembuatannya dibantu oleh adik saya. Belajar ini itu, sampai akhirnya otodidak, biar nggak ngerepotin mulu. Trus, adek saya bilang, ada komunitas blogger di Pekanbaru, namanya blogger bertuah. Tapiiiii... waktu itu belum tertarik sih buat nyari tahu. Sampai akhirnya pas tahun 2013, saya kenal dengan Mbak Elsenovi, Mbak Neyna Naya, dan Mbak Wina Azam.

Tahun 2013, saya pernah ikut acara Kopdar Akbar dan gathering komunitas Blogger Bertuah yang diadakan di Alam Mayang. Waktu itu yang mengundang Mbak Neyna Naya. Well, saat itulah saya memutuskan untuk bergabung di komunitas ini ^_^


 Acara Gathering Blogger Bertuah
di Alam Mayang

 Bersama Mbak Neyna Naya dan Mbak Mayya

Eiiits... ada lagi nih acara yang saya hadiri, yaitu peresmian Rumah Blogger Pekanbaru, yang diadakan pada bulan puasa tahun 2013 lalu. Jadi, sekalian buka bersama gitu. Saat itu, saya hadir bersama dengan Mbak Lusi.


 Peresmian sekaligus buka bersama

 Saya bersama Mbak Wina dan Mbak Lusi

Pertama kalinya ke sekre Blogger Bertuah

Pas hadir di acara ini, saya jadi makin kenal dengan Blogger Bertuah dan kontribusinya yang ternyata buaaaaaaanyaaaak banget. Seneng deh bisa bergabung di sini. Yaaaah... walaupun nggak selalu bisa ikutan acara or kumpul-kumpulnya, agak berasa tua hihihi... cuma berasa yah... catet! :D
Padahal status saya waktu itu mahmud abbas (mamah muda anak baru satu) Wkwkwk...

Terakhir kali, saya pernah sharing ke penulisan bersama Mbak Wina, Cica, dan 2 orang lainnya. Niatnya sih bisa tiap minggu. Tapi karena saat itu saya sedang hamil, dan kondisi sering nggak fit, jadi nggak berlanjut. Next, moga bisa sharing lagi yaaaah


Sekarang, Blogger Bertuah Pekanbaru lagi ultah nih, yang ke 6 tahun. Waaaaah.... sukses yah buat komunitas Blogger Bertuah yang kereeeeen inih. Semoga ke depannya semakin baik dalam segala hal, semakin buaaaanyaaak kontribusinya untuk Pekanbaru bahkan Riau, sesuai dengan visi misi komunitas ini.

Artikel  ini diikutsertakan pada sayembara menulis : Ulangtahun Blogger Bertuah ke-6.

 11002497_10204449085201029_533781027437797341_n

[Bazaar Online] Dari Kerudung, Asesoris, Herbal, Sampai Jamur Tiram Organik

Berawal dari pertanyaan banyak orang, gini nih:
Mi, kerudungnya cakep, beli dimana?
Wiiiih.... bros kerudungnya unyuuuu banget, beli dimana?
Duh, beberapa hari ini badanku kurang fit deh, enaknya minum suplemen apa yah, Mi?
Ummi... nyari jamur tiram dimana yah? pernah makan, rasanya enaaaaak banget, mirip rasa daging ayam.
Aha! ini peluang, iyak peluang. Selain peluang untuk beramal, bantuin temen kasih info or nyariin, kenapa nggak sekalian aja saya jadiin bisnis. Toh, nggak terlalu rempong juga, saya tetap bisa menjalankannya dari rumah. Nah, di jaman canggih kaya' sekarang ini, buaaaanyaaak banget media promosi gratis yang bisa digunakan. Mulai dari FB, Twitter, Instagram, BBM, WA, blog gratisan, dll.

Akhirnyaaaaaaa, jadi deh 



Untuk Nailah Herbal & Collection, saya menjual beraneka macam produk kesehatan herbal dan juga kerudung beserta asesorisnya. Berikut beberapa gambar produk yang best seller ^_^

Herbal


Persedian produk di rumah

Herbal yang saya jual adalah:


Ada banyak pilihan merek dan ukuran kemasan. Misalnya untuk madu, ada madu asli biasa, ada madu putih, ada madu khusus untuk anak-anak, ada madu khusus untuk wanita, madu khusus untuk pria, madu khusus untuk batuk dan flu, madu khusus untuk penderita diabetes, dll. Demikian juga dengan minyak zaitun, ada yang berbentuk cair, ada yang dalam kapsul, ada yang berbentuk jelly, dan ada yang berbentuk krim.

Ukuran kemasannya mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Produk yang dijual adalah merek-merek ternama yang sudah biasa dikonsumsi oleh orang banyak dan Insya Allah berkhasiat.

Kerudung





Kerudung-kerudung syar'i di atas berbahan sifon ceruti, bahannya halus, lembut, tidak panas, dan yang paling penting tidak transparan, karena kerudung ini terdiri dari 2 lapis. Ya, 2 lapis yang timbal balik alias 2 in 1. Jadi, 1 kerudung terdiri dari 2 warna. Lebih hemaaaaat kaaaan, kalau punya 5 kerudung ini sama dengan 10 kerudung biasa dengan 10 warna yang berbeda. Nggak makan tempat di lemari. Truuus nih yah, kerudung ini cocok dipakai untuk acara apa aja, baik santai, semi formal or formal. Kerennya lagi, kerudung ini simple, karena pakainya tinggal sorong, semi instan gitu, trus sematkan bros deh.

Konsumen bisa memesan warnanya, pilihan modelnya dan motif (bermotif atau polos), payetnya, dan juga jenis petnya. Ukurannya mulai dari S, M, L, dan XL, sesuai dengan usia maupun tinggi badan.

Asesoris










Nah, bros-bros ini jodohnya kerudung. Aneka model dan bahan bros, mulai dari flanel, sifon, katun, dan tile. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera ajah ^_^

Jamur


Nah, terakhir untuk produk jamur tiram organik. Jamur tiram putih dikenal juga dengan nama jamur shimeji (Jepang), abalon mushroom atau oyster mushroom (Eropa atau Amerika), atau Supa Liat (Jawa Barat). Jamur ini memiliki tudung yang berbentuk lebar, pipih, setengah lingkaran, menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah yang agak cekung dan berwarna putih hingga krem.

Saya masih membatasi penjualan pada area Pekanbaru saja. Kendalanya adalah dari segi pengemasan dan ketahanan jamur. Jamur-jamur ini harus fresh. Jamur bisa dipesan mulai dari berat 1 ons hingga > 1 kg.

Wokeh, ada yang tertarik? sile kontak saya via inih buat tanya-tanya:

FB: Oci YM
Twitter: @OciYM

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu bersama Ladaka Handicraft dan Layana Shop

Puding Telur Ceplok


Udah lama baca-baca resep puding telur ceplok. Bentuknya unik, beneran mirip telur ceplok. Saya penasaran juga sih, bikinnya juga nggak ribet. Hmmmm... rada ribet kalo nemu resepnya yang bagian kuning pake ubi rambat. Jadi, sebenarnya tergantung selera aja. Kuningnya mau pake ubi rambat, campuran jus buah yang berwarna kuning, or pake agar-agar instan yang udah ada rasa dan berwarna kuning.

Kebetulan, tetangga depan rumah ada acara wirid bulanan. Pengen ngasih sesuatu buat disajikan. Akhirnya kepikiran puding telur ceplok. Cetakannya juga udah lama saya beli. Nah, buat para Ibu nih yah, puding ini bisa jadi favorite anak-anak deh. Yah itu tadi, bentuknya unik ^_^

Berikut resep simple ala Ummi:

  • Untuk bagian kuningnya
 1 bungkus nutrijell rasa jeruk (masak sesuai petunjuk di kemasan)


Masukkan puding yang telah matang ke dalam cetakan mika ukuran kecil. Biarkan sampai mengeras.

  • Untuk bagian putihnya
1 bungkus nutrijell rasa plain
2 sachet susu kental manis putih
(masak sesuai petunjuk di kemasan)


Puding yang bagian kuning itu setelah mengeras, pindahkan ke cetakan mika yang lebih besar. Letakkan pas di bagian tengah. Lalu, tuangkan puding yang bagian putihnya.

Jadiiiiii deeeh... guaaampang kaaaan. Sajikan dingin, yummmmmy... Mbak Nai doyan banget, secara dia juga pecinta telur ceplok! :D

Silaaaaa dicoba bikin yak, buat arisan or acara lainnya juga oke ^_^



Sunset di Taman Kota

inih sunsetnya :D


Gaya banget judul postingannya :D
Sebenarnya, ini lagi bosen ngeMall aja. Maklum, di Pekanbaru nggak ada pantai, gunung, or kebun buah. Ada sih kebun binatang, alam mayang, or danau buatan, tapi gi nggak pas aja kalo bawa baby, rada ribet. Jadi, cari tempat yang nggak terlalu jauh dari lokasi rumah. Yang penting judulnya jalan-jalan, biar Mbak Nai senang :D

Nah, jadi mari ke taman kota saja. Salah satu tempat kumpulnya warga Pekanbaru buat santai, anak-anak bermain, olahraga, or setting buat narsis berselfie ria. Ada beberapa tempat yang dinamakan taman kota di Pekanbaru. Kali ini, yang bakal saya bahas, taman kota yang berlokasi di jalan Diponegoro, tepatnya di sebelah hotel Arya Duta Pekanbaru.

Asyik sih ke sini, Mbak Nai bisa main pelosotan dan mainan lainnya, persis kaya' di TK nya. Saya dan si Abi yang menggendong adek Khai bisa asyik duduk makan es krim sambil ngobrol. Lebih hemat juga, nggak perlu bayar arena bermain anak, cukup jajan es krim dan kebab ajah, beres! :)




Asyiiiik...

Adek Khai mau ikutan juga :D

Tinggal pilih mau jajan apa

Adeeeeem...

Itu ada batu-batu pijak refleksi

Gelar tiker

Si Abi bareng 2 putrinya :)


Keju Untuk Bayi



Usia Khai udah 8m, udah bisa dong MPASI pake keju. Dulu, waktu Nai, Alhamdulillah lancaaaar... nggak ada reaksi alergi. Malah sampe gede dia doyan banget nget sama keju. Jadi, Bismillah... moga adek Khai juga nggak alergi dan doyan. Eaaaaaa... ternyata memang nggak alergi, Alhamdulillah... adek Khai juga doyan, MPASInya jadi ada rasa gurih, makan juga jadi lebih lahap.

Oke deh, buat para Ibu yang ingin memberikan keju untuk MPASI bayinya, sila baca artikel yang saya dapet di grup FB Homemade Healthy Baby Food (HHBF):

Keju kaya kalsium, mengandung protein, vitamin A, D dan B12. Keju juga memberikan energi dan ideal untuk bayi yang membutuhkan kalori tinggi. Keju mudah dipadu padankan dengan makanan lain untuk si kecil. Secara khas, keju bukanlah produk olahan susu. Protein susu yang umumnya menjadi pemicu alergi susu olahan, telah dipecah di dalam keju. Karena kaya protein, keju dapat diberikan mulai usia bayi 8 bulan. Namun ada baiknya Anda menunda pemberian keju jika keluarga Anda mempunyai riwayat alregi, terutama alergi pada produk susu olahan, dan jika bayi Anda mengidap asma atau eksim, karena keju dapat menjadi pemicu untuk kondisi tersebut.

Jenis keju yang aman untuk bayi:
  • keju krim
  • keju cedar
  • keju parmesan
  • keju mozarella
  • keju ricotta

Keju krim adalah keju lembut bagaikan mentega, berwarna putih dengan rasa sedikit gurih. Keju krim dibuat dari susu sapi dengan kandungan lemak susu paling sedikit 33% dengan kadar air tidak lebih dari 55%, dan memiliki pH antara 4,4 sampai 4,9. Keju krim biasanya dijual dalam kemasan berbentuk persegi empat seperti keju cheddar atau kemasan tube. Keju krim adalah keju muda yang tidak mengalami proses pematangan.

Keju Cheddar adalah keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Di sebagian besar negara-negara di dunia umumnya tersedia keju "Cheddar" dalam berbagai bentuk, mulai dari jenis keju Cheddar rendah lemak hingga keju Cheddar tua dan tinggi kadar lemak.Keju Cheddar juga merupakan salah satu keju yang paling umum tersedia dan digunakan di Indonesia sebagai bahan kue dan makanan.

Mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong, karena dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong. Mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi. Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya.Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi. Keju ini dapat bertahan hingga satu minggu bila direndam di air garam. Mozzarella dengan kadar air yang rendah dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan, dan dapat bertahan lebih lama bila dijual dalam kemasan hampa udara. Mozzarella berkadar air rendah yang sudah diparut dapat disimpan hingga 6 bulan.

Keju Parmesan (keras) maksimum kadar air pada keju tipe ini adalah 56%, semakin sedikit kadar air dalam keju maka keju akan semakin keras.

Keju Ricotta memiliki warna seputih salju dengan teksturnya yang lembut dan agak rapuh. Keju ini sedikit basah tetapi tidak lengket. Ricotta ada yang dicetak berbentuk seperti baskom, keranjang, balok ataupun dikemas dalam kontainer bundar. Keju Ricotta yang baik memiliki tekstur yang tidak terlalu padat dan terdiri dari banyak butiran-butiran yang halus. Banyak dari keju Ricotta saat ini yang tidak dibuat dari air dadih tetapi menggunakan susu yang diskim sebagian. Hal ini memberikan perbedaan yang besar pada tekstur dari keju. Hasil dari Ricotta yang menggunakan susu memiliki tekstur yang berpasir, tidak halus dan terlalu basah. * menurut diskusi para moms di milis mpasi rumahan dan asiforbaby, ricotta merk Yummy tidak mengandung garam*

Pada dasarnya, dalam pembuatan keju jenis apapun biasanya melibatkan pemberian garam untuk menumbuhkan bakteri baik yang diperlukan dalam proses pembuatan keju. Walaupun keju boleh diberikan (tidak berarti HARUS DIBERIKAN) mulai usia 8+, sebaiknya tidak sering diberikan. Keju dapat mengaburkan ambang cita rasa lidah bayi. Kalaupun ingin memberi keju pada bayi Anda, pilih keju yang rendah kadar garamnya. Pada diskusi para moms di milis mpasi rumahan dan asiforbaby disebutkan keju merk Prochiz dan Diamond merupakan keju rendah garam dibandingkan dengan merk lain.

Sumber :
  • Prabantini, Dwi. A to Z Makanan Pendamping ASI - Si Kecil Sehat dan Cerdas Berkat MPASI Rumahan. Yogyakarta : Andi. p. 95-97
  • milis mpasi rumahanmilis asiforbaby

Jeda







Excuse... 

Realitanya, ibu rumah tangga dengan 2 orang putri, yang paling kecil masih baby, tanpa asisten rumah tangga, excuse itu nggak usah dicari. Udah ngantri ajah apalah... apalah...
So, nikmati aja. Naskah buku nggak akan lari, yang akan berlarian itu yah anak-anak, iya nggak? ^__^

Cheese Cake Kukus Ala Ummi



Pengeeeeen banget ngemil. Pengen camilan yang manis-manis gitu, tapi yang manisnya samar, nggak manis banget. Berhubung bulan ini belum ada baking, akhirnya saya ngebaking aja deh. Ceki-ceki isi kulkas dan persediaan bahan-bahan kue, akhirnya saya putuskan buat bikin cheese cake kukus. Paaaaas... banget deh, nggak begitu manis, malah gurihnya kejuuuuu.


Mariiiiii... cekidot bahan dan cara pembuatannya yaaaaah ^_^



 




Jadiiiii deh, rasanya enaaaaaak... haruuuum dan kejuuu banget. Lumayanlah yah, dibandingkan beli cheese cake premium di luar hehehe... yang penting Nai doyan ^_^